Superskor

Hasil Liga Inggris, Penderitaan Arsenal Belum Berhenti, Liverpool Kembali Mengamuk di Anfield

Arsenal yang bertindak sebagai tim tamu harus pulang dengan kepala tertunduk setelah bertandang dari markas Liverpool, Minggu (21/11/2021) dinihari WIB. Tim Meriam London seakan dipaksa harus kembali menderita ketika melawat ke markas kebesaran Liverpool di Stadion Anfield. Arsenal sempat mampu mengimbangi permainan Liverpool pada babak pertama, sebelum Sadio Mane mencetak gol pemecah kebuntuan pada menit 39.

Penampilan heroik yang diperlihatkan Ramsdale pada babak pertama cukup menolong Arsenal sehingga tidak kebobolan banyak gol. Hanya saja memang penderitaan Arsenal baru terjadi pada babak kedua setelah gawang mereka dibobol sebanyak tiga kali. Ialah Diogo Jota (52'), Mohamed Salah (73'), dan Takumi Minamino (77') yang masing masing menyumbang satu gol bagi kemenangan Liverpool.

Laga ini juga menjadi panggung bagi Trent Alexander Arnold yang berhasil mengukir dua assist dari empat gol kemenangan Liverpool. Liverpool pun berhak menyegel kemenangan sekaligus menambah penderitaan Arsenal setiap kali bermain di Anfield. Terakhir kali Arsenal mampu mencuri kemenangan di Anfield yakni pada periode musim 2012/2013.

Kala itu, Arsenal berhasil menang dengan skor tipis lewat gol yang dicetak oleh Lukas Podolski dan Santi Cazorla. Kini, sudah sembilan tahun lamanya ternyata Arsenal belum pernah menang lagi ketika bermain di Anfield. Babak pertama dimulai, Liverpool langsung mengambil iniatif untuk memegang bola dan menguasai jalannya laga.

Mohamed Salah mencoba menyerang dari sisi, ia pun mencoba melepaskan tembakan yang belum membahayakan gawang Arsenal. Lini pertahanan Arsenal masih cukup solid dalam menahan gempuran lini depan Liverpool pada lima menit pertama. Beberapa pelanggaran dilakukan para pemain Arsenal demi menghentikan pergerakan pemain Liverpool seperti Salah dan Mane.

Beruntung, belum ada satupun peluang berbahaya dari situasi set piece yang dioptimalkan oleh Liverpool. Arsenal masih belum bisa keluar dari tekanan tuan rumah pada sepuluh menit laga pembuka. Pasukan Mikel Arteta mencoba menciptakan peluang lewat serangan sayap yang diawali Tomiyasu.

Umpan silang yang coba dilepaskan Tomiyasu sempat mengarah ke Saka, hanya saja bola lebih dulu dihalau oleh Chamberlain. Penampilan solid duet Ben White dan Gabriel didukung dengan ketenangan Ramsdale membuat pertahanan Arsenal cukup bagus sejauh ini. Bukayo Saka coba menusuk pertahanan Liverpool dengan kecepatannya, namun belum berbuah hasil lantaran aksinya dihentikan Van Dijk.

Chamberlain tidak mau kalah dengan mantan timnya dalam menciptakan peluang. Pemain asal Inggris itu mencoba berakselerasi dengan kecepatan sekaligus menemukan ruang kosong untuk menembak. Hanya saja Nuno Tavarez berhasil memblokir tembakan Chamberlain dan hanya berbuah sepak pojok bagi Liverpool.

Penyelamatan gemilang berhasil dilakukan Ramsdale pada menit 28. Setelah mementahkan tembakan voli dari Thiago, Ramsdale mampu menahan bola sepakan dari Mane di depannya. Arsenal sebenarnya mampu membuka skor jika hakim garis tidak mengangkat bendera offside.

Kerjasama apik dari Aubameyang, Smith Rowe dan diakhiri penyelesaian Lacazette batal menjadi gol lantaran offside. Laga sempat dihentikan sebentar setelah ada ketegangan antara Arteta dan Klopp di pinggir lapangan. Setelah laga dilanjutkan, Ramsdale kembali melakukan penyelamatan gemilang dengan menghentikan tembakan dari Salah.

Gol yang ditunggu Liverpool akhirnya berhasil tercipta pada menit 39. Ialah Sadio Mane yang berhasil mengkonversikan umpan set piece terukur dari Trent Alexander Arnold. Gol Mane akhirnya membawa Liverpool berhak unggul pada babak pertama dengan skor satu gol tanpa balas.

Babak kedua dimulai, beberapa kesalahan individu pemain membuat Arsenal malah tertekan pada awal laga. Beruntung, Gabriel beberapa kali melakukan penyapuan terhadap berbagai ancaman Liverpool. Hanya saja kesalahan fatal Tavarez akhirnya berhasil dimanfaatkan Diogo Jota untuk membawa Liverpool menjauh.

Liverpool kembali menambah dua gol masing masing lewat Mohamed Salah (73') dan Takumi Minamino (77'). Dua gol tersebut membuat Liverpool berhasil unggul jauh dengan skor empat gol tanpa balas melawan Arsenal. Liverpool akhirnya berhasil menyegel kemenangan telak dengan skor empat gol tanpa balas melawan Arsenal di Anfield.

Alisson; Alexander Arnold, Matip, van Dijk, Tsimikas; Oxlade Chamberlain, Fabinho, Thiago; Salah, Mane, Jota. Ramsdale; Tomiyasu, Gabriel, White, Tavares; Partey, Lokonga; Saka, Smith Rowe, Lacazette; Aubameyang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.