Kesehatan

Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan Tubuh: Memperlancar Metabolisme dan Dapat Turunkan Berat Badan

Berikut manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh, selengkapnya dalam artikel ini. Pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Pisang memiliki manfaat dan nutrisi yang baik bagi tubuh serta baik untuk sistem saluran pencernaan.

Buah ini dapat dinikmati dengan berbagai cara, seperti dimakan langsung, digoreng, dikukus, dan lain sebagainya. Buah pisang memiliki banyak vitamin dan serat. Pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat dan lima kali lipat vitamin A dibanding apel.

Pisang juga kaya magnesium dan kalium yang membuat tubuh tetap bugar. Selain itu, dikutip dari , pisang juga kaya akan sumber vitamin B6 dan vitamin C. Dalam satu buah pisang berukuran sedang, dapat menyediakan sekitar seperempat dari kebutuhan vitamin B6 harian.

Vitamin B6 berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi, metabolisme asam amino, serta membantu membersihkan ginjal dan hati dari senyawa berbahaya. Sedangkan, vitamin C yang terkandung dalam satu buah pisang berukuran sedang, terdapat sekitar 10% dari kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan, penyerapan zat besi, membantu produksi kolagen, dan kesehatan otak.

Kandungan vitamin A, C, dan B6 yang terdapat dalam pisang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Oleh karena itu, tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas. Buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

Dengan demikian, bagi yang mengalami kesulitan saat buang air besar dapat mengonsumsi pisang sebagai langkah pengobatan. Bagi yang sedang melakukan diet, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam pisang tidak menaikkan kadar glukosa secara drastis. Selain itu, pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk menurunkan berat badan.

Pisang mengandung kalium yang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Serat bahan pangan yang dikandung pisang mampu mengikat lemak, sehingga pembentukan plak dapat dicegah. Plak dapat menyempitkan, bahkan menyumbat pembuluh darah, yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Dengan demikian, sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah. Pisang mengandung zat besi, sehingga buah ini baik bagi orang yang kekurangan darah merah.

Selain itu, dapat mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein yang mengandung zat besi. Dengan mengonsumsi pisang secara rutin, dapat membantu menyehatkan tulang. Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.