Kesehatan

Manfaat Pisang bagi Kesehatan: Dukung Kesehatan Jantung hingga Meningkatkan Sensitivitas Insulin

Berikut ini berbagai manfaat pisang bagi kesehatan tubuh manusia, mulai dari kesehatan jantung hingga meningkatkan sensitivitas insulin Pisang mengandung banyak nutrisi penting dan bermanfaat bagi penurunan berat badan, pencernaan, dan kesehatan jantung. Pisang tidak hanya memberikan banyak manfaat kesehatan, tetapi juga menjadi salah satu buah paling populer di dunia.

Dikutip dari , ekspor pisang global mencapai sekitar 24,5 juta ton (22,2 juta metrik ton) pada tahun 2020 menurut laporan awal PBB, sekitar setengah dari jumlah tersbut diimpor Amerika Serikat dan Uni Eropa bersama sama. Menurut , di Amerika Serikat setiap orang rata rata makan 13,4 pon (6 kilogram) pisang per tahun, hal ini menjadikan pisang sebagai buah segar favorit orang Amerika. Pisang mengandung cukup banyak serat dan beberapa antioksidan.

Berikut kandungan nutrisi dalam satu pisang ukuran biasa (126 gram): Kalori: 112 Lemak: 0 gram

Protein: 1 gram Karbohidrat: 29 gram Serat: 3 gram

Vitamin C: 12% dari Nilai Harian (NH) Riboflavin: 7% dari NH Folat: 6% dari NH

Niasin: 5% dari NH Tembaga: 11% dari NH Kalium: 10% dari NH

Magnesium: 8% dari NH Satu buah pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat. Jenis serat yang ditemukan pada pisang mentah, adalah prebiotik.

Prebiotik lolos dari pencernaan dan berakhir di usus besar, hal ini menjadikan prebiotik sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga di usus Anda. Selain itu pektin sebagai serat yang ditemukan pada pisang matang dan mentah dapat membantu mencegah sembelit dan melunakkan tinja. Tidak ada penelitian yang secara langsung menguji efek pisang terhadap penurunan berat badan.

Namun, buah yang populer ini memang memiliki beberapa atribut yang bisa membuatnya menjadi makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan . Pertama, pisang memiliki kalori yang relatif sedikit, pisang rata rata memiliki lebih dari 100 kalori, namun bergizi dan mengenyangkan. Kedua, makan lebih banyak serat dari sayuran dan buah buahan telah berulang kali dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Kalium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung, terutama manajemen tekanan darah, meskipun kalium penting, hanya sedikit orang yang mendapatkan cukup kalium dalam makanan mereka. Pisang adalah sumber potasium yang bagus, dengan pisang berukuran sedang (126 gram) menyediakan 10 persen dari NH. Diet kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Terlebih lagi, pisang mengandung 8 persen NH untuk magnesium, yakni mineral lain yang penting untuk kesehatan jantung. Kekurangan magnesium dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kadar lemak yang tinggi dalam darah. Buah buahan dan sayuran adalah sumber antioksidan makanan yang sangat baik, pisang salah satunya.

Pisang mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, termasuk flavonoid dan amina Antioksidan ini terkait dengan banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif. Antioksidan membantu mencegah kerusakan oksidatif pada sel sel Anda yang disebabkan oleh radikal bebas.

Tanpa antioksidan, radikal bebas dapat menumpuk dari waktu ke waktu dan menyebabkan kerusakan jika kadarnya menjadi cukup tinggi di tubuh Anda. Kandungan rendah kalori dan serat yang tinggi dari pisang menjadikannya camilan yang lebih mengenyangkan daripada makanan lain seperti makanan ringan olahan atau makanan ringan bergula. Jadi, untuk camilan pelawan rasa lapar, cobalah makan irisan pisang dengan makanan kaya protein seperti yoghurt, atau campur pisang menjadi protein shake.

Resistensi insulin merupakan faktor risiko yang signifikan untuk beberapa penyakit kronis, termasuk diabetes tipe 2. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa makan pati resisten secara teratur, seperti misalnya dengan mengonsumsi pisang mentah akan meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini bisa membuat tubuh Anda lebih responsif terhadap hormon pengatur gula darah ini.

Kalium sangat penting untuk fungsi ginjal yang sehat dan pengaturan tekanan darah. Sebagai sumber makanan potasium yang bagus, pisang bisa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal Anda . Di sisi lain, beberapa orang dengan penyakit ginjal stadium akhir atau yang menjalani dialisis perlu membatasi asupan kalium mereka.

Jika Anda termasuk dalam salah satu kategori ini, bicarakan dengan dokter Anda sebelum meningkatkan asupan kalium Anda. Pisang terkadang disebut sebagai makanan yang sempurna untuk para atlet. Ini sebagian besar karena kandungan karbohidrat yang mudah dicerna, serta mineral kalium dan magnesium kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai elektrolit

Ketika Anda melakukan olahraga yang berat, Anda akan kehilangan elektrolit melalui keringat. Anda dapat memasok kalium dan magnesium pada tubuh Anda setelah berkeringat dengan memakan pisang. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.