Sport

Bedah Peluang Minions Selamatkan Wajah Merah Putih di Indonesia Masters 2021

Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dipastikan menjadi satu satunya wakil Indonesia yang masih berpeluang meraih gelar dalam turnamen Indonesia Masters 2021. Pasangan ganda putra Indonesia berjuluk Minions itu tinggal membutuhkan dua langkah untuk menjadi juara turnamen. Sebelum bisa menaiki podium juara Indonesia Masters 2021, Minions akan ditantang terlebih dahulu wakil Malaysia di semifinal.

Ialah Ong Yew Sin/Teo Ee Yi yang akan menjadi lawan tanding Minions di partai empat besar hari ini, Sabtu (20/11/2021). Jika menelisik rekor pertemuan, Minions tampak lebih unggul atas lawan tandingnya tersebut dalam beberapa turnamen yang dilakoni. Pertempuran pertama mereka terjadi kala Minions mengalahkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di Korea Open 2017 silam.

Kala itu, Minions menggebuk lawannya tersebut dengan skor 21 16 dan 22 20. Tak lama berselang, Minions kembali bertemu dengan lawan yang sama pada ajang All England Open 2018. Kemenangan rubber game diraih Minions setelah mengalahkan Ong Ywe Sin/Teo Ee Yi dengan skor 21 17, 20 22, dan 21 13.

Lalu, Indonesia Open 2018 juga pernah menjadi saksi pertemuan keduanya yang akhirnya dimenenangkan Minions dengan skor 21 18 dan 21 12. Dan pertemuan terakhir yang dilakoni keduanya terjadi tepat pada babak perempat final Prancis Open 2021 beberapa waktu lalu. Minions kembali menegaskan dominasinya dengan mengalahkan lawannya tersebut dengan skor 21 13 dan 22 20.

Catatan rekor pertemuan yang memihak Minions seakan menjadi kesempatan keduanya bisa mengamankan tiket final. Seandainya Minions berhasil menyegel tiket final Indonesia Masters. Minions tinggal menunggu pemenang antara Aaron Chia/Soh Woii Yik (Malaysia) atau Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang).

Dilihat dari performa dan status unggulan, pasangan Aaron Chia/Soh Woii Yik memiliki peluang lebih besar untuk lolos. Jika Minions bertemu dengan Aaron Chia/Soh Woii Yik akan berlangsung sengit apalagi ada aura balas dendam pasca kekalahan Olimpiade Tokyo 2021. Terlepas dari hal itu, Minions punya peluang lebih besar untuk memenangkan gelar entah siapapun lawannya di final.

Hal ini dikarenakan Minions memiliki catatan manis untuk bisa mengulangi kejayaannya di ajang Indonesia Masters. Baik Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya saat ini masih memegang status sebagai pebulu tangkis tersukses ajang tersebut. Keduanya telah memenangkan empat gelar juara selama berpartisipasi di ajang tersebut.

Uniknya, satu dari empat gelar tersebut didapatkan Marcus/Kevin saat tidak berpasangan satu sama lain. Momen itu terjadi ketika Marcus Gideon masih berpasangan dengan Markis Kido tepatnya pada tahun 2014. Sementara, Kevin memperolehan gelar perdananya saat berpasangan dengan Wahyu dua tahun berselang.

Mulai tahun 2018 akhirnya Marcus dan Kevin sama sama meraih gelar juara Indonesia Masters saat keduanya dipasangkan sebagai ganda putra. Menariknya, Marcus/Kevin tercatat telah berhasil mempertahankan gelar juara Indonesia Masters dalam tiga tahun beruntun. Artinya pasangan berjuluk Minions itu berhasil memenangkan Indonesia Masters sejak tahun 2018 sampai 2020.

Seandainya Minions mampu mempertahankan gelar juara tersebut maka secara tidak langsung mereka berhasil mempertegas dominasinya di Indonesia Masters 2021. Raihan lima gelar juara Indonesia Masters akan semakin menisbatkan keduanya sebagai yang tersukses dalam meraih gelar ajang tersebut. Tak hanya itu saja, gelar juara Indonesia Masters juga akan membuat Minions menyelamatkan wajah Merah Putih di ajang yang digelar di Bali tersebut.

Rontoknya wakil Indonesia yang sama sekali tidak mengirimkan wakilnya pada babak semifinal kecuali Minions menjadi evaluasi tersendiri. Alhasil seandainya Minions mampu tampil dalam laga final serta bisa mengamankan gelar juara maka wajah Indonesia seakan diselamatkan oleh keduanya di ajang Indonesia Masters edisi kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.