Lifestyle

Cara Memilih Baju Jersey Sepeda

Membeli jersey sepeda adalah keputusan terbaik ketika Anda ingin menekuni hobi bersepeda. Menggunakan jersey sepeda membuat Anda lebih nyaman saat bersepeda. Biasanya Jersey sepeda dapat dibeli melalui situs belanja online. Namun, banyaknya pilihan mungkin membuat Anda bingung harus memilih yang mana. Disini anda bisa memilih Custom Jersey Sepeda yang anda inginkan seperti apa.

Bagaimana cara memilih jersey sepeda yang bagus?

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih jersey sepeda, seperti bahan, ukuran, dan kelebihannya. Semuanya akan kita bahas satu persatu sampai habis melalui poin-poin di bawah ini.

Cari tahu dulu bahan-bahannya

Jenis bahan jersey sepeda menjadi hal utama yang perlu Anda perhatikan secara detail. Umumnya jersey terbuat dari bahan sintetis polyester karena bahannya lebih fleksibel sesuai dengan bentuk tubuh. Selain itu, sirkulasi udaranya baik dan tidak membuat tubuh basah oleh keringat.

Baju sepeda sintetis lebih cocok digunakan di Indonesia yang beriklim tropis. Harga jersey sintetis pun semakin bersahabat. Namun, jika Anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda, cobalah jersey lycra. Bahan elastis ini tidak mudah berubah bentuk, tidak mudah kusut, dan mudah dirawat.

Kaus sepeda biasanya terdiri dari beberapa lapisan, memungkinkan untuk kaus campuran. Bisa jadi bodi depan dan belakang berbahan polyester, sedangkan bagian lengan menggunakan bahan lain. Ini bukan masalah besar, tetapi pastikan Anda menghindari T-shirt katun. Bahan ini menyerap keringat dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat bersepeda.

Pastikan ukurannya pas dan nyaman di badan

Ukuran jersey sebaiknya digunakan sesuai dengan jenis sepeda dan nya. Namun, pastikan jersey tidak terlalu kecil atau terlalu longgar. Cara mudah untuk mengetahui apakah kaus sepeda terlalu kecil atau terlalu longgar adalah dengan memakainya.

Jersey yang terlalu kecil akan membatasi pergerakan saat dipakai dan menimbulkan masalah. Di sisi lain, kemeja yang terlalu longgar bisa terjepit setengah inci dengan mudah. Untuk mendapatkan ukuran jersey yang tepat, Anda harus memeriksa pengukuran di bagian berikut:

  • Dada

Anda harus mengukur payudara Anda tepat di bawah lengan bagian dalam. Jika Anda memiliki dada yang lebar, ukurlah area dada yang paling lebar. Jika kelilingnya jauh di antara kedua ukuran tersebut, Anda bisa memilih ukuran yang paling besar.

  • Pinggang

Untuk mengukur area pinggang, Anda juga harus memperhatikan bagian terluasnya. Dengan adanya hal itu, jersey tidak akan terasa sempit saat digunakan.

  • Jersey panjang

Pada bagian ini Anda hanya perlu mengukur tubuh bagian atas Anda. Sebelum mengukur tubuh bagian atas, Anda harus berdiri dalam posisi tegak. Pastikan punggung Anda lurus dan lakukan pengukuran dengan roll meter.

Sesuaikan jersey fit dan potong dengan gaya bersepeda

Ada berbagai macam potongan jersey sepeda di pasaran. Dalam hal ini, Anda dapat menyesuaikannya dengan gaya bersepeda Anda.

  • Rekreasi

Jersey untuk pengendara sepeda rekreasi biasanya memiliki kantong di bagian belakang. Tas ini menjadi pembeda dengan pesepeda pro Peloton. Selain itu, bagian bawah jersey juga dilengkapi dengan karet.

  • Bersepeda gunung

Pengendara sepeda gunung bisa mengenakan kemeja longgar untuk membuat tubuh lebih mudah bermanuver. Sepeda MTB yang longgar juga membuat Anda lebih nyaman saat menambahkan bantalan siku dan alat pelindung lainnya.

  • Atletik

Baju bersepeda untuk pengendara atletik ukurannya pas, tetapi tidak terlalu ketat sehingga tidak mendukung aerodinamika. Bagian lengan juga lebih panjang dan bagian pinggang dilengkapi dengan karet.

  • Balap profesional

Pengendara pro racing atau road bike cenderung menggunakan jersey yang pas di badan. Jersey dengan model ini dapat menjadi kendala yang disebabkan oleh angin (aerodinamis). Bahannya melar dan area belakang didesain lebih panjang untuk menutupi Anda dan pegangan stang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.